SIREBON (SISTEM INFORMASI REKONSILIASI PERBENDAHARAAN ON LINE) UNTUK SKPD DI KABUPATEN CIREBON
Nama Inovasi
SIREBON (SISTEM INFORMASI REKONSILIASI PERBENDAHARAAN ON LINE) UNTUK SKPD DI KABUPATEN CIREBON
Inisiator
Kepala Daerah
OPD
BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH
Jenis Inovasi
digital
Bentuk Inovasi
Inovasi Pelayanan Publik
Tahapan Inovasi
Penerapan
Waktu Uji Coba
2020-06-08
Waktu Implementasi
2020-06-22
Tujuan Inovasi
Tersusunnya SOP Aplikasi SIREBON
Tujuan pembuatan SOP/Standar Operasional Prosedur Aplikasi SIREBON adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang tetap mengenai aktivitas terkait penggunaan SIREBON sehingga SOP ini menjadi panduan untuk SKPD dan BKAD serta mengakibatkan koordinasi yang baik.
Manfaat Inovasi
Manfaat Aksi Perubahan
Dengan mewabahnya virus corona / covid 19, Pemerintah mewajibkan kantor pemerintahan untuk bisa bekerja di rumah dan menerapkan sosial distancing atau jaga jarak sehingga semuanya dengan tidak siapnya pegawai menghadapi hal ini menjadikan kacau balau, banyak akhirnya pegawai tidak bisa bekerja di kantor apalagi di rumah.
Dengan ketakutan yang berlebihan kantor-kantor pemerintahan menutup diri hanya menerima berkas dari kurir atau satpam. Hal ini mengakibatkan bekerja tidak efsien dan efektif. Solusi menghadapi persoalan mewabahnya corona ini atau bekerja dirumah tentunya harus dengan bekerja dengan online. Aplikasi SIREBON / Sistem Informasi Rekonsiliasi Perbendaharaan Online untuk SKPD ini tentunya sangat bermanfaat ketika menghadapi situasi seperti sekarang ini artinya SKPD bisa bekerja di rumah, efsiensi waktu, tenaga dan biaya karena bisa dilakukan dimanapun melalui online. Manfaat lain dari aplikasi ini akan dirasakan dalam jangka panjang yaitu ;
Digitalisasi arsip / dokumen digital
Mempermudah koordinasi dengan SKPD
Memudahkan monitoring dan evaluasi
Keakuratan data realisasi keuangan secara tepat waktu.
Peningkatan pelayanan administrasi, sarana dan prasarana pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah