SIREBON (SISTEM INFORMASI REKONSILIASI PERBENDAHARAAN ON LINE) UNTUK SKPD DI KABUPATEN CIREBON

Nama Inovasi SIREBON (SISTEM INFORMASI REKONSILIASI PERBENDAHARAAN ON LINE) UNTUK SKPD DI KABUPATEN CIREBON
Inisiator Kepala Daerah
OPD BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH
Jenis Inovasi digital
Bentuk Inovasi Inovasi Pelayanan Publik
Tahapan Inovasi Penerapan
Waktu Uji Coba 2020-06-08
Waktu Implementasi 2020-06-22
Tujuan Inovasi

Tersusunnya SOP Aplikasi SIREBON
Tujuan pembuatan SOP/Standar Operasional Prosedur Aplikasi SIREBON adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang tetap mengenai aktivitas terkait penggunaan SIREBON sehingga SOP ini menjadi panduan untuk SKPD dan BKAD serta mengakibatkan koordinasi yang baik.

Manfaat Inovasi

Manfaat Aksi Perubahan
Dengan mewabahnya virus corona / covid 19, Pemerintah mewajibkan kantor pemerintahan untuk bisa bekerja di rumah dan menerapkan sosial distancing atau jaga jarak sehingga semuanya dengan tidak siapnya pegawai menghadapi hal ini menjadikan kacau balau, banyak akhirnya pegawai tidak bisa bekerja di kantor apalagi di rumah.
Dengan ketakutan yang berlebihan kantor-kantor pemerintahan menutup diri hanya menerima berkas dari kurir atau satpam. Hal ini mengakibatkan bekerja tidak efsien dan efektif. Solusi menghadapi persoalan mewabahnya corona ini atau bekerja dirumah tentunya harus dengan bekerja dengan online. Aplikasi SIREBON / Sistem Informasi Rekonsiliasi Perbendaharaan Online untuk SKPD ini tentunya sangat bermanfaat ketika menghadapi situasi seperti sekarang ini artinya SKPD bisa bekerja di rumah, efsiensi waktu, tenaga dan biaya karena bisa dilakukan dimanapun melalui online. Manfaat lain dari aplikasi ini akan dirasakan dalam jangka panjang yaitu ;

  1. Digitalisasi arsip / dokumen digital
  2. Mempermudah koordinasi dengan SKPD
  3. Memudahkan monitoring dan evaluasi
  4. Keakuratan data realisasi keuangan secara tepat waktu.
  5. Peningkatan pelayanan administrasi, sarana dan prasarana pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah